Rabu, 28 Juli 2010

UAS Sej Eropa

Nama : Ika Rahmatika Chalimi
NIM : 107261407217
Off : B

UAS SEJARAH EROPA
1.a. Bagaimanakah peran golongan borjuis terhadap transformasi di Eropa khususnya di Prancis pada abad ke 19?
Peran golongan borjuis terhadap transformasi di Eropa khususnya di Prancis pada abad ke 19 yaitu pada mulanya arti negatif golongan borjuis baru berkembang pada abad ke-19 dan 20. Bahkan golongan ini yang dulu membentuk Prancis modern. Di banyak negeri lain mereka membawa kapitalisme industri yang menghasilkan kemakmuran masyarakat. Juga berkat perjuangan kepentingan merekalah terbentuk negara hukum, lembaga-lembaga perwakilan, kebebasan pendapat pers, dan lain-lain ciri negara modern kini. Kaum borjuis adalah pemilik harta, hidup dari bunga harta tersebut, namun ia bukan bangsawan atau gerejawan yang memiliki harta karena hak istimewa. Hak milik borjuis biasanya adalah hasil kerja dari nenek moyang atau dari dirinya sendiri. Seperti semua golongan, borjuasi juga dibagi dalam borjuasi tingkatan atas, menengah, dan rendah. Borjuasi atasan terdiri dari para saudagar besar, para bankir, para industriwan dan sebagainya. Golongan ini dalam cara hidup mendekati golongan bangsawan atasan. Golongan borjuis menengah dapat digambarkan sebagai kaum profesional, kaum pemilik modal kecil, kaum usahawan tengah. Lalu ada borjuasi subsistens, yang hanya punya dana yang cukup untuk hidup sehari-hari. Golongan ini merupakan unsur yang paling militan, yang menjadi massa rakyat pada penyerbuan penjara Bastille, pada pemaksaan agar keluarga raja pindah ke Paris dari Versailles, pada penyerbuan istana raja, dan lain-lain. Dalam perwakilan golongan borjuis ini, yang disebut sebagai "golongan ketiga" (Tiers Etat) setelah golongan aristokrat dan gereja, yang menguasai Etats Generaux bulan Juni 1789, nampak bahwa jumlah borjuis atas sedikit. Lebih dari 400 komposisi Golongan Ketiga dalam Dewan Perwakilan Golongan terdiri dari para ahli hukum. Lainnya ada beberapa petani. Golongan sosial inilah yang menciptakan keadaan rezim teror, yang menganggap kekayaan yang berlebihan itu kurang wajar. Baru setelah 1870, terlihat konsolidasi kekuasaan borjuis yang membentuk republik yang moderat. Mulai berkembangnya revolusi industri Prancis menjadikan borjuasi atasan sangat kaya. Di bawah Raja Louis-Philippe, monarki bahkan disebut monarkiborjuis dengan semboyan "jadilah kaya". Tampaklah, warisan Revolusi Prancis menjadikan golongan borjuis di sana punya kesadaran politik yang tinggi dan aktif berperan.
b.Bagaimanakah pengaruh Revolusi Prancis terhadap Indonesia pada perempat pertama abad ke 19 (1800-1825)?
Pengaruh Revolusi Prancis terhadap Indonesia pada perempat pertama abad ke 19 yaitu Prancis pernah menjajah Belanda dan selama proses tersebut, Belanda sedang berkuasa di Indonesia. Tindakan dan kebijaksanaan politik Prancis turut masuk pula ke Indonesia melalui Belanda. Pengaruh Revolusi Prancis tersebut ialah berkembangnya paham Liberalisme sehingga dihapuskannya system tanam paksa atas desakan dari para kaum Liberal, ditanamkannya modal swasta asing di Indonesia terutama dalam bidang perkebunan, pembangunan sarana dan prasarana produksi untuk memperlancar pengolahan hasil bumi, menjadikan Indonesia sebagai produsen tanaman perkebunan,
2.A. Mengapa Revolusi Industri oleh banyak sejarahwan dianggap sebagai suatu keharusan dalam sejarah umat manusia?
Alasan Revolusi oleh banyak sejarahwan dianggap sebagai suatu keharusan dalam sejarah umat manusia karena dari Revolusi Industri telah banyak melahirkan penemuan- penemuan alat- alat yang dapat menyejahterakan hajat hidup umat manusia. Selain itu, alat- alat yang ditemukan menjadi lebih canggih daripada masa sebelum Revolusi Industri yang masih menggunakan alat- alat sederhana. Bayangkan yang akan terjadi seandainya segenap mesin baik yang sederhana maupun yang kompleks tiba- tina tidak dapat digunakan karena ada suatu ulah yang hebat dan otomatis, kehidupan umat manusia akan berhenti dengan kikuk, menggelikan dan tragis. Di seluruh dunia yang luas akan menjadi sunyi. Hal ini merupakan keadaan dimana sebelum terjadinya Revolusi Industri. Dapat dilihat dari penemuan mesin uap oleh James Watt pada tahun1763 yang telah menjadi bagian pokok warisan umat manusia yang merupakan awal modernisasi.
B.Berikan penjelasan tentang dampak Revolusi Industri dalam bidang komunikasi pada paruh ke 2 abad ke 19 bila dibandingkan dengan periode paruh pertama abad ke 20?
Dampak Revolusi Industri dalam bidang komunikasi pada paruh ke- 2 abad ke 19 bila dibandingkan dengan periode paruh pertama abad ke 20 ialah semakin berkembangnya alat- alat komunikasi pada periode paruh pertama abad ke 20 yang semakin canggih daripada alat- alat komunikasi pada paruh ke 2 abad ke 19. Hal ini dapat diketahui dari penemuan mesin cetak yang membawa alat komunikasi menjadi semakin canggih.
3.a. Berikan pendapat disertai dengan alasan mengenai teori nihilisme dan anarkisme dari Mikail Bakunin?
Teori nihilisme mengatakan kalau suatu masyarakat sudah sangat rusak, sulit untuk diperbaiki maka harus di mulai dari nol.
Teori anarkisme mengatakan "Kebebasan tanpa sosialisme adalah ketidakadilan, dan sosialisme tanpa kebebasan adalah perbudakan dan kebrutalan."
Masyarakat suatu Negara yang memiliki nilai- nilai moral, perilaku dan etika yang sudah rusak sehingga tidak dapat di kendalikan lagi, dalam memperbaiki jalan satu- satunya yaitu dengan memperbaiki dari nol lagi atau dari awal dengan jalan pemusnahan. Hal ini saling berkaitan dengan teori anarkisme dimana dalam mencapai tujuan dilakukan segala dengan menghalalkan segala cara. Anarkisme revolusioner mengajarkan bahwa dalam mencapai tujuan digunakan cara baik berupa kekerasan fisik maupun revolusi berdarah. Anarkisme adalah teori politik yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat tanpa hirarkis (baik dalam politik, ekonomi, maupun sosial). Para Anarkis berusaha mempertahankan bahwa anarki, ketiadaan aturan-aturan, adalah sebuah format yang dapat diterapkan dalam sistem sosial dan dapat menciptakan kebebasan individu dan kebersamaan sosial. Anarkisme melihat bahwa tujuan akhir dari kebebasan dan kebersamaan sebagai sebuah kerjasama yang saling membangun antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dapat diketahui dari contoh ekstrim revolusioner di Rusia pada tahun 1860 yang membawa nihilisme sebagai suatu gambaran keadaan yang menyebabkan anarkisme muncul.
b.Pada awal abad ke 21, banyak anggota masyarakat Rusia yang kembali mengidolakan Tsar Nicholas II yang kembali mengidolakan Tsar Nicholas II, mengapa hal itu terjadi?
Penyebab banyak anggota masyarakat Rusia yang kembali mengidolakan Tsar Nicholas II pada awal abad ke 21 yaitu karena masyarakat Rusia terpesona dengan apa yang telah dilupakan dan ingin mencari masa lalu yang terlupakan dimana masyarakat menginginkan pengungkapan kembali sejarah Tsar Nicholas II.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar